Investasi Tanah Rumah, Cash atau KPR?

dijual tanah rumah mega kuninganRumah merupakan kebutuhan primer manusia dimana fungsinya adalah sebagai tempat tinggal, tempat berlindung, beristirahat dan menghabiskan waktu bersaa keluarga. Namun lebih dari itu, saat ini tujuan orang mebeli tanah ruah juga untuk tujuan investasi. Ini karena rumah merupakan jenis property yang harganya cukup tinggi dan cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu. ini menjadikan tanah ruah sebagai media investasi yang sangat menjanjikan. Saat ini juga ada banyak sekali iklan dijual tanah rumah Menteng, Senopati, Kebayoran Baru, Widya Chandra, Brawijaya, Dharmawangsa, Pondok Indah, Kemang, Cipete, Cilandak, dijual tanah rumah Mega Kuningan, Patra Kuningan, house Menteng Patra Senopati for rent dan wilaya lain di kota besar seluruh Indonesia. Jadi Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk bisa menemukan tanah rumah ini.

Memang dalam bisnis properti, akan sangat jarang sekali dijumpai kerugian. Hal ini bisa dibuktikan dengan bertanya langsung kepada orang yang sudah lama menggeluti bisnis yang satu ini. Lalu bagi Anda yang ingin melakukan investasi property, khususnya tanah rumah mana yang sbaiknya dipilih, apakah beli properti dengan KPR atau Cash. Kedua pilihan ini biasanya akan Anda hadapi ketika ingin membeli sebuah properti. Sebelum menentukan mana sebenarnya yang lebih menguntungkan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kekurangan dan kelebihan dari membeli properti dengan kedua instrumen di atas.

Membeli tanah rumah secara KPR

KPR (kredit pemilikan rumah) ini berarti sewaktu ingin membeli properti, Anda akan melakukan pembayaran dengan kredit. Dengan itu, Anda akan melakukan proses cicilan properti yang dibeli. Besarnya cicilan yang dibayarkan per bulannya biasanya bergantung pada besarnya DP yang diberikan di awal. Perlu diketahui, untuk KPR itu sendiri, DP yang harus dibayarkan adalah sebesar 30% dari harga beli investasi tersebut. Biasanya, fasilitas seperti ini akan Anda dapatkan melalui lembaga perbankan dalam bentuk agunan properti yang akan dibeli.

KPR sendiri dibagi menjadi beberapa kategori. Sewaktu Anda berniat untuk membeli properti, KPR yang digunakan adalah KPR pembelian. Para developer menyediakan fasilitas KPR untuk memudahkan calon pembeli yang tidak memiliki uang untuk membeli secara cash. Sistem yang dipakai dalam KPR juga mudah dan cepat.

Membeli rumah secara cash

Ketika hendak membeli rumah secara cash, Anda perlu untuk mempersiapkan dana tambahan yang biasanya digunakan untuk mengurus sertifikat-sertifikat penting mengenai properti yang dibeli. Jika Anda memiliki dana yang cukup, tentu saja membeli rumah secara cash lebih direkomendasikan, selain karena harganya yang relatif lebih murah, Anda juga akan terbebas dari pembayaran bunga dan denda keterlambatan.

Hal yang perlu diperhatikan adalah modal yang dimiliki dan tren suku bunga yang ada. Anda bisa memilih KPR jika modal tidak mencukupi dan menyiapkan beberapa dana darurat dan dana proteksi untuk menghindari beberapa kejadian yang nantinya tidak diinginkan. Dalam menyicil rumah, pikirkan matang-matang kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Pikirkan juga berapa tarif bunga yang dipatok antara bank yang satu dan bank yang lainnya. Namun jika dana yang dimiliki cukup untuk membayar secara tunai atau cash, tentu ini akan lebih baik. Perlu diketahui, membeli rumah dengan cara cash lebih aman ketimbang membeli rumah dengan cara KPR. Membeli secara KPR memang terkadang terlihat menguntungkan sebab sisa dana yang dimiliki bisa digunakan untuk keperluan investasi lainnya. Namun, kembali lagi diingat bahwa tingkat suku bunga bank fluktuatif.

Category : Blogs

Leave a Reply

About Us

Indonesian property realtor. Serving you with information of apartments for rent, apartments for sale, houses for rent, houses for sale, office for rent, townhouses, commercial and land.

Send to Friend

Email Agent